/* silahkan ganti tulisan warna merah dengan keinginan anda */
Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

RSS

Ussop


Usopp adalah penembak ulung dalam kelompok bajak laut topi jerami. Sebagai orang ketiga yang bergabung, Usopp adalah anggota yang paling pengecut dan selalu menghindari pertempuran.

Nama Usopp kemungkinan berasal dari kata uso dan isopp dari bahasa jepang yang keduanya berarti kebohongan atau orang yang menceritakan dongeng.

Sejarah Kapten Usopp

Di Desa Syrup, Usopp menyebut dirinya kapten Usopp beserta tiga anak kecil Piman, Ninjin dan Tamanengi membentuk kelompok “bajak laut” Usopp.
Usopp adalah putra dari Yasopp, penembak jitu dari kelompok bajak laut Shanks. Yasopp sudah lama pergi dari desa. Pada saat itu ibu Usopp sakit keras, dan Usopp menghiburnya dengan mengatakan “bajak laut datang, ayah sudah pulang” agar ibunya terus berusaha untuk hidup. Setelah ibunya meninggal, Usopp terus meneriakkan hal iu di desa. Penduduk desa membiarkannya karena menurut mereka didalamnya ada impian dan harapan. Kadang mereka marah dan mengejar Usopp. Penduduk desa juga menganggap teriakkan rutin itu sebagai alarm untuk segera bekerja.
Mungkin karena teringat ibunya yang meninggal karena sakit, Usopp selalu menghibur Kaya, gadis yang sakit-sakitan karena orang tuanya meninggal. Usopp selalu menceritakan cerita bohongnya untuk membuat Kaya jadi lebih sehat.
Setelah kedatangan Luffy, Nami dan Roronoa Zoro bersamaan dengan datangnya kelompok bajak laut Kuroneko, Usopp (dan kelompok bajak laut Usopp) terlibat pertempuran langsung dengan mereka demi melindungi desa dan Kaya. Pemimpin mereka, Kapten Kuro adalah yang menyamar sebagai pelayan pribadi Kaya selama 3 tahun demi mendapat hartanya.

Usopp Sang Bajak Laut

Setelah pertempuran dengan kelompok bajak laut Kuroneko. Usopp bermaksud menjadi bajak laut yang sesungguhnya dan membubarkan kelompok bajak laut Usopp. Luffy mengajak Usopp masuk anggota dan Luffy menjadikannya seorang penembak jitu karena sama dengan ayahnya Yasopp. Usopp juga menggambar bendera bajak laut topi jerami dan selalu ingin menjadi kapten.

Usopp yang menyamar sebagai Sogeking

Selama memasuki Grand Line, Usopp merasa kalau dia sangatlah lemah terutama setelah dihajar habis-habisan oleh Keluarga Franky. Usopp menjadi kehilangan percaya diri karena dia orang terlemah di kapal. Setelah serentetan konflik dengan para anggota kru Water 7, Usopp menyatakan keluar dari kelompok bajak laut Topi Jerami dan akhirnya ditangkap oleh CP9.
Setelah dibebaskan oleh Sanji di cerita pengejaran kereta api laut, Usopp pergi setelah mendengar cerita Nico Robin dan kemudian (dengan cepat) kembali lagi mengenakan topeng dan jubah dan menamai dirinya Sogeking. Dia membantu Sanji dan Franky menolong Nico Robin dan berakhir dalam kereta Rocketman. Semua anggota kelompok bajak laut Topi Jerami (kecuali Luffy dan Chopper), keluarga Franky, dan tukang kayu Galley-La menyadari kalau Sogeking itu Usopp.
Di pertempuran Enies Lobby, dia bersama yang lain berusaha menyelamatkan Robin dan menuju Gedung Pengadilan, di sini Usopp tertinggal di Gerbang Pertama. Setelah berhasil menyadarkan 2 Raksasa Oimoo dan Kaashi, mereka dan Usopp mengadakan pemberontakan dan menuju Gedung Pengadilan. Usopp tiba di atas bersama anggota lainnya. Setelah mendengar permintaan Robin, Luffy mengutusnya untuk membakar bendera pemerintah yang berkibar di atas menara sebagai tanda pernyataan perang. Ketika di Menara Pengadilan, Usopp bertemu Jyabura dan Usopp kalah telak. Beruntung karena Roronoa Zoro jatuh dari atas tempat mereka bertarung dan dia langsung lari ke belakang. Kemudian secara tidak sengaja, lengan Usopp dan Zoro terkunci dalam borgol akhirnya mereka tidak bisa bertarung sampai Zoro mendapat ide untuk menjadikan Usopp sebagai "pedang" di lengan kanannya bernama Hana Arashi (Hana disini berarti bunga), setelah monster Chopper datang dan menyerbu ke tempat mereka, kemudian Nami datang membuka borgol mereka. Sekali lagi Usopp terluka parah oleh Jyabura tetapi segera di tolong oleh Sanji, dia mengutus Usopp untuk "melakukan apa yang bisa kau lakukan". Usopp menuju ke atas menara, dan darisana dia menembaki Spandam dan angkatan laut lain yang menyandera Robin. Setelah berhasil selamat, Usopp terjatuh karena tembakan Buster Call, tetapi selamat dan dibawa bersama Zoro dan Sanji lewat jalan bawah air, tetapi mereka terhadang banjir dan tenggelam kemudian diselamatkan oleh Nenek Kokoro.
Di atas Jembatan Keraguan, Usopp (tanpa topeng) datang menuju Luffy dan mengatakan kalau dia harus menang sementara para anggota akan menunggunya, setelah itu dia bertarung dengan 200 Kapten dari angkatan laut dengan yang lainnya.
Usopp yang selalu mendengar suara aneh yang memanggilnya akhirnya mengetahui kalau itu suara Going Merry, dan bersama yang lain, mereka melarikan diri dari Enies Lobby dengan Merry.
Setelah itu, Usopp menyamar menjadi Sogeking kembali di depan Luffy. Beberapa saat kemudian, Going Merry yang melampaui batas kemampuannya akan dimakamkan, pada awalnya Usopp berkata kalau di saat perpisahan harus tenang, tetapi pada akhirnya, dia menangis juga.
Setelah pertempuran di Ennies Lobby, Sogeking (Usopp) memiliki harga 30 juta berry setelah dinyatakan bersalah karena membakar bendera Pemerintah Dunia.
nama Sogeking berasal dari kata Sogeki (Jepang) yang berarti penembak ulung dan King yang berarti raja. Jadi Sogeking berarti raja penembak ulung. Menurut Sogeking, dia berasal dari pulau Sogeki yang menurutnya "ditemukan di dalam hatimu." Selain itu Sogeking juga membuat lagu temanya sendiri.

Kepribadian

Usopp adalah seorang pembohong besar (walaupun biasanya kebohongan itu berguna bagi kru), dan mungkin hidung panjangnya terinspirasi dari pinokio. Walaupun seorang pembohong, Usopp adalah seseorang yang (sebenarnya ingin) memiliki harga diri tinggi. Tetapi jika ada sebuah pertempuran, dia lari ketakutan dan malah menemui musuh yang tidak bisa dibayangkan sebelumnya (seperti God Enel) dan akhirnya melawannya.
Sifat Usopp yang lain juga dia sangat penakut, atau itulah yang ia pikir. Dalam situasi yang mepet, Usopp akan lebih berani terutama jika ada yang mengganggu kru. Walaupun kekurangannya dalam hal pertarungan, Usopp adalah yang paling berani dan tabah diantara sahabatnya.
Usopp adalah orang yang selalu bercanda di kru, terutama dengan Luffy dan Chopper (karena kru lain tidak mendengarkannya). Dia juga suka bercerita (bohong) pada Chopper sebagai pendengar setia. Dia juga orang yang artistik yaitu menggambar lambang bendera bajak laut topi jerami. Usopp juga sedikit mengagumi dan iri pada Roronoa Zoro, karena dia orang yang tidak pernah menggambarkan rasa takut dan tabah dalam apapun.
Usopp juga takut jika mendarat ke sebuah pulau (yang dia namakan penyakit tidak-bisa-mendarat-di-pulau) dan dengan mudahnya diacuhkan oleh sahabatnya. Usopp percaya kalau sahabatnya membutuhkannya. Tipuan dan kecerdasannya telah menyelamatkan sahabatnya dari berbagai macam bahaya. Cerita bohong yang Usopp sering ceritakan pada lawannya seperti dia punya 8000 pengikut.
Cita-cita Usopp adalah menjadi pahlawan pemberani di seluruh penjuru lautan seperti ayahnya. Dia juga punya impian lain yaitu pergi ke desa para pahlawan raksasa, Elbaf

Keahlian dan Kekuatan

Usopp adalah penembak ulung yang berpengalaman dengan meriam kapal. Senjatanya adalah ketapel dan memiliki banyak macam peluru. Dia juga bisa memanfaatkan keadaan untuk bertarung. Usopp juga seperti Zoro yang masih bisa hidup setelah kehilangan banyak darah (seperti ketika melawan Mr.4).
Keahliannya yang terhebat adalah berlari sangat cepat. Taktik bertarungnya adalah gerilya, setelah menyerang dari jauh langsung berlari. Amunisi dari ketapelnya sangat beragam, seperti telur busuk, bahan peledak, bom asap dan peluru normalnya, pachinko (bola besi yang digunakan untuk judi). Selain itu ada senjata lain yang termasuk senjata lelucon seperti palu 5 ton (yang sebenarnya cuma 2 kg), Usopp Noise (menggesekkan kuku ke papan yang bunyinya membuat telinga geli), Usopp Spell (meneriakkan kata-kata yang menakutkan), dan menggunakan Dial yang diperoleh dari Skypiea.
Usopp juga orang yang terampil, di kapalnya dia membuat ruangan bernama pabrik Usopp. Usopp juga yang paling menyayangi Going Merry dan memperbaikinya.
Jenis Serangan Usopp
  • Hissatsu: Hammer Suisei Usopp menggunakan tanduk Chopper sebagai ketapel dan menembakkan palu dengan ini, digunakan saat melawan Mr. 4.
  • Hissatsu: Kaen Boshi Usopp menembakkan peluru yang bisa membakar musuhnya. Digunakan saat melawan Chuu di arc Arlong Park.
  • Kemuri Boshi Usopp menembakkan peluru yang bisa memunculkan kabut. Digunakan saat melawan Mr.4 dan saat melarikan diri dari Enies Lobby.
  • Tabascho Boshi Usopp menembakkan peluru yang bisa membuat lawan kepedasan dengan cabe. Digunakan saat melawan Mr.5.

Trivia

  • Usopp berumur 17 tahun dan lahir pada tanggal 1 April (hari April Fool)
  • Bagian belakang kepala Usopp dapat dilihat di poster buronan Luffy.
  • Menurut Eiichiro Oda, Usopp melambangkan binatang Armadillo.
  • Menurut Eiichiro Oda lagi, panjang hidung Usopp adalah 9 inci.
  • Terkadang jika takut, Usopp berbohong dengan mengatakan dia punya penyakit yang kambuh seperti penyakit Tidak-Bisa-Ikut-Pertandingan, Tidak-Bisa-Mendarat-Di-Pulau dan Jika-Tidak-Makan-Makanan-Kecil-Kau-Akan-Mati. Tentu saja (sangat) bohong.
  • Eksperimen Usopp di laboratoriumnya menghasilkan alat-alat aneh seperti Usopp Aaaaaaaaah (sabuk yang bisa keluar tali secara otomatis) dan Oktopakutsu (sepatu gurita untuk memanjat dinding).
  • Ironisnya, kebohongan Usopp yang diceritakan ke Kaya selalu menjadi kenyataan di Grand Line, seperti bertemu ikan mas raksasa (di Little Garden) dan bertemu tikus mondok legendaris (Miss.Merry Christmas). Mungkin suatu hari dia akan punya 8000 pengikut.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar